Pages - Menu

Sebuah Lanskap Tentang Kota


Ini adalah cuplikan kecil dari lukisan berjudul Blooming Flower karya Yoyo Siswoyo yang dipajang di galeri Kiniko Art dalam rangka Solo Exhibition-nya yang bertajuk "Dari Timur ke Barat". Di antara semua lukisan yang dipajang di galeri itu, saya merasa paling suka melihat yang ini. Bukan berarti lukisan ini memang yang paling bagus di antara yang lainnya. Mungkin, kebetulan saja saya merasa lebih dapat mencerna lukisan yang satu ini dibanding lukisan lainnya. Walaupun, kalau ditelisik dari judul lukisannya sendiri, apa yang saya lihat pada lukisan ini ternyata tidak begitu sesuai juga dengan judul tersebut.

Kalau menyaksikan lukisan ini secara utuh sebagai satu kesatuan (tanpa terlebih dahulu mengetahui judulnya), saya seperti menyaksikan lanskap sebuah kota dari suatu ketinggian. Mungkin lebih tepat dikatakan sebagai bayang-bayang sebuah kota dengan latar belakang langit putih.

Saya melihat ada tiang-tiang antena yang menjulur di atas puncak-puncak gedung. Saya melihat ada jendela-jendela yang meloloskan sedikit cahaya dari dalam gedung melalui celah-celah bingkainya. Saya melihat hingar-bingar dalam gelapnya. Seperti pesta kembang api dan mercon. Dan riuh percakapan di antara berbagai macam (warna-warni) manusia. Dan begitu banyak rahasia, banyak misteri, di balik tembok-tembok remangnya yang menciptakan labirin ruang dan waktu, di mana kedua hal tersebut kemudian saling melarutkan satu sama lain.

Saya melihat kabut dan asap. Saya melihat mendung dan hujan. Dan (belakangan saya kemudian baru menyadarinya) betapa kota sepertinya memang penuh dengan kekontrasan. Mungkin itulah yang membuat saya mencerna lukisan tersebut sebagai sebuah lanskap tentang kota. Putih dan hitam, dan warna-warna menyala di tengah kegelapan.



Baru setelah membaca judulnya, lalu melihat kembali lukisan itu dari jarak yang lebih jauh lagi, saya bisa melihat bunga-bunga bermekaran itu. Tetapi bagi saya, lukisan itu tetap adalah sebuah lanskap tentang kota.

27 Februari 2019