Pages - Menu

Jalan Busur [9 - CARA MENARIK TALI BUSUR]

terjemahan dari The Way of the Bow oleh Paulo Coelho
~
~

CARA MENARIK TALI BUSUR

Busur adalah instrumen musik, dan suaranya menjelma melalui talinya.

Tali busur adalah sesuatu yang besar, namun anak panah menyentuhnya hanya pada satu titik saja, dan segenap pengetahuan dan pengalaman si pemanah harus terkonsentrasi pada satu titik itu.

Bila ia sedikit saja condong ke kanan atau ke kiri, bila titik itu sedikit saja berada di atas atau di bawah garis tembakan, ia tidak akan berhasil mengenai sasaran.

Karena itu, ketika engkau menarik tali busur, lakukanlah seperti seorang musisi memainkan instrumennya.

Dalam musik, waktu lebih penting daripada ruang; serumpun nada yang berbaris tidak akan berarti apa-apa, tetapi seseorang yang mampu mebaca apa yang tertulis di situ dapat mengubah baris itu menjadi suara dan irama.

Sebagaimana pemanah membenarkan eksistensi sasaran, begitu pula anak panah membenarkan eksistensi busur: engkau mungkin dapat melempar anak panah dengan tanganmu, namun sebuah busur tanpa anak panah tiada gunanya sama sekali.

Karena itu, ketika engkau membuka lenganmu, jangan berpikir bahwa engkaulah yang menarik busur itu. Berpikirlah bahwa anak panah adalah poros yang tetap dan engkau sedang berusaha untuk saling mendekatkan kedua ujung busur serta tali busur bersama-sama.

Sentuhlah tali busur itu dengan lembut; mintalah ia bekerjasama denganmu.